Penyakit GONDONGAN Pada Anak - Dewasa Obat dan Gejala

Penyakit gondongan anak balita - dewasa ditandai dengan bengkak dibawah telinga kiri atau telinga kanan. sebelum terjadi pembengkakan di bawah telinga umumnya disertai gejala panas, demam, pusing, nafsu makan berkurang,dll. sesungguhnya penyakit gondongan yaitu sakit bengkak pada sekitar bawah telinga hingga ke bawah rahang pada anak umur 2-12 th.. Menurut dr. H. Rachmat Kurdi, Sp. A dari RSIA Hermina Jatinegara, gondongan yaitu penyakit infeksi akut karena virus mumps. Penyakit gondongan ini dimaksud juga parotitis atau mumps. Orang awam menyebut dengan gondongan.

penyakit gondongan pada anak dan dewasa
penyakit gondongan pada anak dan dewasa

Obat gondongan pada anak, orang dewasa di apotik

Obat gondongan pada anak, orang dewasa di apotik: Penyakit infeksi ini kerap menyerang anak-anak, terlebih umur 2 th. ke atas. Sebenarnya Obat gondongan yang bisa di beli di apotik baik itu untuk anak, orang dewasa ( laki-laki / perempuan ) hanya untuk mengatasi / menyembuhkan demam panas tinggi, flu yang menyertai sebelum (saat) penyakit gondongan terjadi. Untuk pembengkakan pada gondongan di bawah telinga / rahang itu sendiri sebenarnya dapat kempes secara alami  (pulih sendiri).

Penyakit gondongan penyebab dan gejala

Penyakit gondongan penyebab dan gejala: Virus ini menyerang lokasi-lokasi. Ada yang menyerang kelenjar ludah dibawah lidah, ada pula yang menyerang kelenjar ludah dibawah rahang & dibawah telinga (parotitis). Saat inkubasinya sekitaran 14 hingga 24 hari sesudah kuman masuk. awal mulanya yang membengkak cuma samping, baru lalu menyebar ke samping yang satunya. Misalnya dari samping telinga / rahang kiri dahulu, baru telinga kanan. Atau demikian sebaliknya. Bengkak ini muncul sesudah infeksi virus berjalan 2 atau 3 hari. Jadi, umumnya mulai membengkak sesudah 3 hari
obat penyakit gondongan
obat penyakit gondongan


Tanda-tanda gondongan umumnya diawali dari demam, pusing, mual, & pegal-pegal di otot, terlebih otot-otot di daerah leher. Gondongan termasuk juga self limiting disease atau akan pulih sendiri walau tak diobati. Gondongan dapat jadi berat & lama. Tergantung rusaknya beberapa sel di kelenjar ludah,  Namun, biasanya beberapa sel kelenjar ludah yang terserang virus akan tidak hingga hancur, & cuma membengkak.

Menyembuhkan / obat untuk penyakit gondongan

Menyembuhkan / obat untuk penyakit gondongan: Umumnya sih orang dahulu kala atau orang pemula memakai blau/bulao (bhs Sunda) utk mengobati gondongan. Walau sebenarnya obat utk gondongan sendiri tidak ada & dapat pulih dengan sendirinya. Malah yang diobati yaitu penyakit ikutannya seperti influenza, radang tenggorokan, sakit kepala, atau bahkan juga sakit testis.

Penyakit gondongan dengan disertai pembengkakan itu dapat kempes sendiri. Pengobatan gondongan umumnya memerlukan saat sekitaran 10 hari dari tanda-tanda, inkubasi, karantina, sampai recovery. Masa karantina ini tidak membiarkan si anak bermain dahulu karena dapat menular dari air liur yang mungkin saja saja keluar saat tengah bicara, bersin, & air seninya. Juga tidak tukeran alat makan dengan abangnya, Umar.

Saat tunas (saat inkubasi) penyakit Gondong sekitaran 12-24 hari dengan sekitaran 17-18 hari. Sinyal & tanda-tanda yang muncul sesudah terinfeksi & mengembangnya saat tunas bisa digambarkan seperti ini :

  1. Pada step awal (1-2 hari) pasien Gondong alami tanda-tanda : demam (suhu tubuh 38 - 40 derajat celcius), sakit kepala, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, nyeri rahang sisi belakang saat kunyah & ada kalanya dibarengi kaku rahang (susah buka mulut).
  2. Setelah itu berlangsung pembengkakan kelenjar dibawah telinga (parotis) yang dengan diawali pembengkakan satu diantara segi kelenjar lalu ke-2 kelenjar alami pembengkakan.
  3. Pembengkakan umumnya berjalan sekitaran 3 hari lalu berangsur mengempis.
  4. Terkadang berlangsung pembengkakan pada kelenjar dibawah rahang (submandibula) & kelenjar dibawah lidah (sublingual). Pada pria akil balik gondongan adalanya berlangsung pembengkakan pada testis karena penyebaran lewat aliran darah.

Cara-cara mengobati penyakit gondongan

Cara mengobati penyakit gondongan: Utk meredakan panas/demam yang dikarenakan sakit gondongan berikanlah obat penurun panas atau demam yang sesuai sama umur anak itu atau mungkin dengan referensi dari dokter yang Anda yakin. Sedang utk mengobati bengkak yang dikarenakan sakit gondongan di bawah ini langkahnya :

  1. Langkah pertama : Sediakan sebagian ranting belimbing muda bersama daunnya kurang lebih 7 ranting atau lebih. Sediakan 4 buah bawang merah ukuran tengah. Campur ke-2 bahan itu lalu tumbuk hingga halus lantas oleskan ramuan itu pada tempat yang sakit. Kerjakan hal semacam ini dengan cara teratur hingga bengkaknya kempes & pulih.
  2. Langkah ke-2 : sediakan kapur biru atau orang umumnya menyebutkan dengan nama blawu, campur kapur biru itu dengan air seperlunya lalu oleskan pada tempat yang bengkak / gondongan hingga rata. Kerjakan hingga bengkak pada telinga / bawah rahang kempes & pulih. (Sumber obat alternatif)
  3. Bisa juga anda lakukan kompres dengan handuk kecil yang telah dibasahi dengan air hangat, kompreslah pada bagian yang bengkak. Kompres dengan air hangat ini untuk bikin kempes pada area bawah telinga tersebut.
Wajar bila anak rewel saat terkena gondongan, namanya juga merasakan tubuh lagi tidak enak dan merasakan demam panas. Demikian sedikit ulasan tentang gejala dan penyembuhan penyakit gondongan pada anak, balita dan dewasa. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat....

Penyakit GONDONGAN Pada Anak - Dewasa Obat dan Gejala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin